Petunjuk Untuk Memastikan Apakah Harga Sebuah Domain/Hosting Benar-benar Murah.
 
1. Pastikan harga yang tertera adalah harga bersih atau final dan tidak ada biaya tersembunyi (Hidden Cost)
Bisa saja harga yang harus Anda bayar pada akhir transaksi tidak sama bahkan jauh lebih tinggi dari harga yang tertera (harga label), hal ini disebabkan penyedia layanan belum menyertakan biaya-biaya lain yang masih tersembunyi (hidden costs), misalnya: Pajak, Fasilitas DNS Service, Fasilitas Proteksi Domain, dll. padahal fasilitas tersebut idealnya mutlak diperlukan untuk setiap domain yang kita beli.
 
2. Pastikan harga yang tertera bukan hanya harga untuk tahun pertama (Harga Promosi sementara)
Membeli sebuah domain/hosting tidak sama dengan membeli produk berupa barang yang sekali bayar dan langsung kita miliki selamanya. Ketika kita membeli domain/hosting kita harus berasumsi bahwa domain/hosting tersebut kita miliki selamanya dan kita bayar setiap tahun. Jika kita hanya tergiur harga yang sangat murah untuk tahun pertama dan akan melonjak pada tahun kedua dan seterusnya, tentunya tidaklah praktis dan efisien untuk berpindah-pindah domain/hosting, belum lagi jika transfer domain dipersulit dan tidak berada langsung di bawah kontrol kita sebagai pemilik.
 
3. Pastikan Pelayanan yang diberikan meliputi kontrol penuh terhadap Domain yang Anda beli, termasuk fasilitas untuk mentransfer domain tersebut ke tempat lain.
Harga yang kita bayar harus kita hubungkan juga dengan kualitas pelayanan dan fasilitas kontrol terhadap domain yang kita beli. Kontrol penuh terhadap domain meliputi fasilitas pengubahan DNS Service, Transfer Domain, Forwarding, Domain Lock & Protection, dll. yang semuanya itu bisa kita lakukan langsung sebagai pemilik, tanpa melalui permintaan terlebih dahulu kepada pengelola.
   
  UNTUK HOSTING
  Fitur Utama yang harus dipastikan kapasitasnya
  a. Space (Kapasitas Hosting)
  b. Bandwidth
  c. Email Account
  d. Database
  e. Addon Domain, Sub-Domain
  Nilai dan kapasitas kelima fitur di atas berhubungan erat dan saling tergantung satu sama lain, jika tidak ada keseimbangan nilai maka tingginya kapasitas tidak berarti apa-apa. Misalnya, kapasitas hosting besar namun bandwidth kecil. Anda hanya bisa menaruh file banyak dan website yang besar namun jika traffic kunjungan tinggi Account Hosting Anda akan terblokir karena bandwithnya melewati batas. Bandwidth minimal harus 10X lipat dari kapasitas Hosting.
Begitupula sebaliknya jika Kapasitas yang ditawarkan besar atau bahkan Unlimited, kalau fitur-fitur lainnya dibatasi tentu tidak ada gunanya besar kapasitas tersebut.
Untuk gambaran singkatnya: seperti luas tanah dan banyaknya pohon harus seimbang. Percuma Anda dibolehkan menanam pohon sebanyak-banyaknya kalau luas tanah terbatas, atau percuma Anda diberi tanah yang luas kalau hanya dibolehkan menanam pohon dalam jumlah terbatas.

Jika Anda merasa petunjuk ini berguna, kami akan sangat berterimakasih jika anda klik "Like" pada link Facebook kami berikut ini.